Selasa, 18 Juli 2017

Menangkap Peluang Besar OPT Pellet


Sebagian besar kebun-kebun sawit telah memasuki masa tua sehingga perlu diremajakan lagi dengan cara penanaman ulang (replanting).  Jumlah batang sawit tua tersebut sangat banyak sehingga perlu diolah sehingga tidak mencemari lingkungan sekaligus memberi manfaat. Produksi pellet batang sawit (OPT pellet = Oil Palm Trunk Pellet) adalah cara terbaik pengolahan batang sawit tersebut. Potensi pellet batang sawit (OPT Pellet) yang bisa diproduksi sebanyak 12 juta ton. Sementara kebutuhan wood pellet juga sangat besar, yakni secara global 50 juta ton/tahun sedangkan untuk Asia terutama Korea dan Jepang saja berkisar 20 juta ton/tahun, sementara itu untuk pasar dalam negeri kebutuhan juga cukup besar yang saat ini saja mencapai ratusan ribu ton/tahun dengan kecenderungan terus meningkat.
Setelah batang-batang sawit tersebut dikumpulkan dari kebun selanjutnya proses produksi OPT pellet bisa dilakukan. Kadar air yang tinggi dari batang sawit menjadi tantangan tersendiri untuk produksi OPT pellet tersebut. Pre-treatment untuk mengurangi kadar air tersebut perlu dilakukan sehingga batang tersebut selanjutnya bisa diolah menjadi wood pellet. Banyak cara bisa dilakukan untuk pengeringan batang sawit tersebut baik secara alami, mekanik maupun fisika.
Pemilihan lokasi pabrik OPT pellet perlu dipertimbangkan sedemikian rupa sehingga bisa ekonomis seperti berdekatan dengan pabrik sawit sehingga ada peluang mendapat pasokan listrik yang memadai bahkan juga sumber panas untuk membantu pengeringan batang-batang tersebut. Karena limbah batang-batang sawit tersebut tidak tersedia sepanjang waktu, maka pabrik wood pellet harus mempertimbangkan  hal tersebut termasuk ketika sewaktu-waktu pabrik harus pindah karena kehabisan bahan baku atau pun menyiapkan bahan baku untuk jangka panjangnya seperti membuat kebun energi.

1 komentar:

  1. kami memproduksi mesin brush chipper sistem hyraulic sesuai standar amerika, sangat cocok untuk proses chipping pohon-pohon sawit yang akan di replanting. dengan menggunakan mesin brush chipper, batang sawit yang sudah ditebang menjadi serpihan yang siap di muat ke dalam pabrik.

    BalasHapus

Pengolahan Limbah Kelapa Muda : Dibriket atau Dipelletkan saja!

Ketika cuaca sangat panas seperti akhir-akhir ini, minum air kelapa sangat menyegarkan. Hal ini karena air kelapa selain untuk memenuhi kebu...