Minggu, 15 Juni 2014

Aspek Lingkungan Pabrik Wood Pellet



Ketika proses produksi wood pellet tidak memperhatikan aspek lingkungan maka akan terjadi dampak negatif bagi lingkungan. Seperti lazimnya pabrik yang selalu mempunyai dampak dalam operasionalnya begitu juga pabrik wood pellet. Dampak lingkungan itu terutama polusi suara dan polusi udara. Mesin atau motor penggerak berbagai unit produksi pada produksi wood pellet menjadi penyebab utama terjadinya polusi suara tersebut. Getaran atau vibrasi yang besar akibat operasional berbagai peralatan pabrik wood pellet juga berdampak bagi kerusakan bangunan disekitar lokasi pabrik wood pellet tersebut. Untuk meminimalisasi hingga mengatasinya maka penggunaan peredam suara atau pemilihan motor penggerak yang tidak menimbulkan suara yang menganggu maupun pemasangan peredam getaran  menjadi penting. 


Sedangkan pada permasalahan polusi udara, hal ini terutama disebabkan oleh gas buang dari tungku pembakaran untuk pemanas pengering, debu dan VOC (Volatile Organic Compund) dari pengering, debu dari pelletiser dan cooler. Sejumlah peralatan telah dikembangkan untuk mengatasi hal tersebut, seperti dinyatakan pada tabel-tabel dibawah ini:


 Eliminasi suara dan pencemaran udara perlu dilakukan hingga pada batas yang bisa diterima. Pertimbangan berupa kemudahan operasional, perawatan  dan biaya adalah beberapa hal penting sehingga perangkat tersebut bisa diaplikasikan dan mencapai tingkat yang aman bagi lingkungan. Pemilihan lokasi pabrik yang cukup jauh dari pemukiman juga menjadi alternatif untuk mengurangi biaya penggunaan perangkat untuk eliminasi polusi-polusi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengolahan Limbah Kelapa Muda : Dibriket atau Dipelletkan saja!

Ketika cuaca sangat panas seperti akhir-akhir ini, minum air kelapa sangat menyegarkan. Hal ini karena air kelapa selain untuk memenuhi kebu...