Jumat, 23 Mei 2014

Optimasi Kinerja Pelletiser



Carpet adalah lapisan tipis bahan yang dipress, yang berasa pada puncak permukaan die. Ketika bahan baku masuk pelletiser maka akan terdorong oleh roller dan membentuk carpet. Semakin banyak bahan dimasukkan ke pelletiser maka akan semakin menambah carpet. Carpet inilah kemudian yang ditekan ke lubang die dan menghasilkan pellet. Sehingga untuk material yang bisa membentuk pellet, awalnya harus bisa mementuk carpet. 

Semua produksi wood pellet adalah masalah mengurangi kebutuhan energi dan tingkat keausan peralatan sementara secara simultan meningkatkan kualitas pellet dan produktivitas. Hal ini mengapa produksi kualitas pellet membutuhkan skill tersendiri. Setting antara roller dan die dengan jarak tertentu yang biasa disebut roller gap itulah hal yang penting untuk maksud tujuan diatas. Karakteristik bahan baku berupa densitas dan kemampuan perekatannya adalah parameter lain yang perlu diperhatikan. Roller gap bisa diset pada jarak tertentu sehingga kinerja pelletiser akan optimal. Umumnya gap 1 mm adalah kondisi optimumnya, tetapi variasi gap bisa dicoba untuk kondisi spesifik bahan baku tertentu.





Pada lubang die kalau kita cermati lebih dalam, ternyata bentuk lubang juga tidak berupa silinder dari ujung ke pangkalnya. Kondisi demikian juga sengaja dirancang sehingga proses pemadatan (densifikasi) tersebut bisa optimal. Apabila bentuk ujung yang melebar pada bagian inlet die aus dan hilang maka kualitas pellet yang dihasilkan akan menurun bahkan tidak terbentuk pellet. Perbandingan panjang (L) dan diameter (D) pada lubang die yang sesuai karakteristik bahan baku juga akan menghasilkan kinerja yang optimal. Pemilihan material logam yang sesuai akan membuat proses pemelletan tersebut bisa dilakukan secara ekonomis. Kualitas logam dan pengerjaan logam untuk die tersebut membuat belum ada produsen dalam negeri yang membuatnya. Faktor lain berupa belum banyaknya produsen wood pellet di Indonesia kemungkinan juga menjadi faktor keengganan produsen dalam negeri untuk membuat die untuk wood pellet ini.Tetapi seiring kebutuhan wood pellet atau pellet fuel yang semakin meroket maka hal diatas adalah dimungkinkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengolahan Limbah Kelapa Muda : Dibriket atau Dipelletkan saja!

Ketika cuaca sangat panas seperti akhir-akhir ini, minum air kelapa sangat menyegarkan. Hal ini karena air kelapa selain untuk memenuhi kebu...