Minggu, 20 Juli 2014

Cost to Benefit Ratio pada Pabrik Wood / Biomass Pellet

Pabrik wood atau biomass pellet mempunyai peran vital pada produksi wood atau biomass pellet.  Target produksi dengan kualitas standard & stabil hanya bisa dicapai apabila pabrik wood atau biomass pellet bekerja secara optimal. Penggunaan mesin-mesin yang berkualitas merupakan salah satu sarana supaya proses produksi berjalan secara optimal tersebut. Beberapa kriteria untuk membantu pemilihan mesin-mesin untuk pabrik wood atau biomass pellet antara lain :

1.       Telah terbukti dan teruji, secara kualitas dan kuantitas.
2.       Kemudahan dalam operasional dan perawatan.
3.        Kemudahan start up hingga produksinya stabil.
4.       Awet dan bandel, sehingga jarang terjadi masalah dan efektif untuk waktu untuk alat produksi dalam jangka waktu yang lama.
5.       Memenuhi aturan “3 x 3” yakni mesin-mesin tersebut telah digunakan di 3 tempat berbeda dengan waktu operasional lebih dari 3 tahun.
6.       Layanan purna jual yang handal seperti kemudahan mendapatkan spare part dan bahan-bahan pembantu proses lainnya serta solusi cepat jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada operasional pabrik. Bahkan telah ada juga pabrik wood atau biomass pellet yang terkoneksi internet dan bisa melaporkan berbagai masalah yang terjadi pada pabrik tersebut dengan sangat cepat sehingga bisa diambil tindakan dengan cepat pula.
7.  Aspek Safety yang baik dan dampak polusi lingkungan yang minimum 

Memang mendapatkan penyedia mesin-mesin pabrik wood atau biomass pellet yang memenuhi persyaratan-persyaratan di atas bukanlah hal yang mudah apalagi  di Indonesia khususnya, industry wood atau biomass pellet adalah hal yang baru. Para calon produsen wood atau biomass pellet harus cukup jeli memperhatikan hal ini, apalagi hanya sekedar diiming-imingi harga murah saja, tanpa berpikir lebih jauh untuk orientasi jangka panjang.

Memang tidak ada jaminan bahwa sesuatu yang mahal pasti memberikan hasil lebih baik, begitu juga untuk mesin-mesin pabrik wood atau biomass pellet ini. Tanpa mengindahkan sejumlah kriteria diatas bisa jadi anda hanya mengalami kerugian karena mengeluarkan biaya yang besar untuk pembelian mesin-mesin tersebut, tetapi hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Mesin-mesin pabrik wood pellet yang memenuhi kriteria   diatas biasanya harganya cukup mahal, tetapi cost to benefit ratio-nya baik sehingga pada umumnya akan memberikan keuntungan yang baik pula. Optimasinya adalah bagaimana mendapatkan mesin-mesin wood atau biomass pellet yang memenuhi kriteria  diatas dengan harga yang cukup terjangkau. Hal ini bisa dilakukan salahsatunya dengan meng-import mesin-mesin yang vital saja pada pabrik wood atau biomass pellet dan sisanya dibuat didalam negeri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengolahan Limbah Kelapa Muda : Dibriket atau Dipelletkan saja!

Ketika cuaca sangat panas seperti akhir-akhir ini, minum air kelapa sangat menyegarkan. Hal ini karena air kelapa selain untuk memenuhi kebu...